Kreator Zaman Now

Selasa 13 Maret 2018. Hanya duduk manis di kursi berwarna merah aku mendapatkan pengetahuan dan wawasan baru tentang menulis. Kali ini aku mengikuti sebuah Talkshow dari kaskus dengan tema "Kreator Muda di Era Digital". Kaskus sendiri merupakan The First Online Community & Commerce Platform in Indonesia. Beberapa pembicara seperti Ewing HD seorang youtuber yang mengisi konten-konten youtubenya dengan sebuah tayangan yang berbau dengan horor, yaitu dengan nama channel "Malam Jum'at Horor" dan "Malam Minggu Horor. Selanjutnya ada W N Noval yaitu penulis cerita yang berjudul "100 tahun setelah aku mati". Di kaskus ceritanya mampu memikat para agan dan sista sebanyak 4 juta pembaca dan dahsyatnya lagi "100 tahun setelah aku mati" sudah terkemas rapi dalam lembaran-lembaran yang terkumpul dalam sebuah buku dengan cover yang berdesain ilustrasi dua orang perempuan berambut panjang yang duduk diatas ayunan sebuah pohon. Dan pembicara yang terakhir adalah Pak Nurudin yang merupakan dosen ilmu komunikasi UMM, yang sudah beberapa kali menerbitkan buku.Ketiga Pembicara tersebut sudah berlalu lalang berproses dalam bidangnya, dan pada kesempatan kali ini mereka membagikan ilmu serta pengalamannya dalam berproses menjadi seorang kreator.
Menurutku tema yang diangkat sangat menarik, karena di era digital sekarang ini, banyak kesempatan bagi anak muda yang bisa diraih untuk menjadi kreator zaman now. Aku akan menceritakan butiran-butiran ilmu yang aku dapatkan dari talkshow yang selama kurang lebih 3 jam.
Kaskus kreator adalah salah satu wadah atau rumah bagi siapa saja untuk menemukan segala hal yang mempunyai hobi di dunia menulis untuk mengembangkan serta mengasahnya menjadi kegiatan positif yang menghasilkan.

Kenapa kaskus bisa menjadi peluang besar untuk menampung dan menuangkan ide-ide  dari seorang penulis.
1. Para agan dan sista di kaskus sudah jangkauan pembacanya sudah mencapai angka 30 juta.
2. Proses review yang cepat.
3. Kreator dapat mengumpulkan poin yang nantinya bisa ditukar menjadi saldo kaspay yang menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Di kaskus semua orang bebas menuangkan kreativitasnya di forum manapun dengan tema apa saja, yang pasti konten tersebut harus mengandung unsur orisinil, berkualitas, menarik.

Ibarat rumah, maka pondasi harus dibangun dengan kuat agar rumah tersebut tak hanya menjadi hunian yang aman akan tetapi juga nyaman. Seperti halnya menulis pondasi yang harus dibangun diantaranya :
1. Kokohkan hati dan pikiran serta bertekad untuk memulai menuangkan apa yang ada di otak dan pikiran dalam sebuah goresan-goresan tulisan.
2. Konsisten untuk selalu merajut kata demi kata yang kemudian menjadi sebuah tulisan.
3. Memperkaya bacaan sebagai bahan referensi untuk menulis.
4. Original, buat sesuatu yang baru, yang lain daripada yang lain.
5. Meneguhkan hati untuk selalu sabar dalam berproses menulis, layaknya tangga saat ingin mencapai puncak suatu tempat, maka harus menggapai tangga satu persatu . Sama halnya dengan menulis yang mempunyai tahapan-tahapan yang harus dilalui untuk menjadi seorang penulis yang berkualitas.

Tahapan-tahapannya dalam menulis adalah :
1. Berpikir dulu sebelum menulis. Dalam proses berpikir bisa mengambil pengalaman pribadi atau orang lain, atau beberapa referensi bacaan yang dapat membangkitkan imajinasi dalam menciptakan sebuah kerangka tulisan.
2. Menulis untuk mengungkapkan. Menulis bisa dikatakan sebagai seni, kenapa bisa gitu,karena saat menulis berarti menuangkan isi hati penulis ke dalam rangka-rangka kata kemudian terbentuk sebuah tulisan. Sehingga apa yang ingin diungkapkan penulis bisa diketahui banyak orang melalui tulisannya.
3. Gunakan istilah yang akrab untuk pembaca.
4. Setiap tulisan punya pasar pembaca sendiri.
5. Kenali, pahami, praktikan teori kendi.

Teori Kendi : Kendi tidak bisa mengeluarkan air kalau tidak pernah diisi. Air yang dikeluarkan kendi tergantung air yang dimasukkan.

Itulah sepenggal ilmu yang dapat aku bagikan dari  Talkshow Kaskus. Aku banyak belajar dan termotivasi untuk terus, terus dan terus menulis, sampai aku bisa mengembangkan tulisanku menjadi lebih, lebih dan lebih baik lagi.

Komentar

Postingan Populer